5000 Dollar per bulan dari Admob dan Aplikasi Game Edukasi

Post Terbaru |

Malam semua , 

Saya slalu berharap anda semua dalam keadaan yang baik ya dan tetap semangat dalam berburu dollar dari Admob dan pada kesempatan kali ini tak henti-hentinya saya ingin menawarkan artikel yang memotivasi anda semua untuk serius dan tekun dalam membuat aplikasi android.

Artikel kali ini saya kutip dari liputan 6 perihal sepasang suami istri berjulukan Andi Taru Nugroho (28) dan Idawati (27).  yang membangun perjuangan membuat aplikasi dan games edukasi anak . Alasannya cukup sederhana. Andi dan Ida ingin memanfaatkan sumber daya yang ada saja. Kebetulan , mereka telah memiliki perangkat komputer yang mampu digunakan untuk membuatkan aplikasi. Selain itu , keduanya juga memiliki dasar ilmu untuk membuatkan aplikasi. 


Dengan mengusung bendera Educa Studio , Andi menjabat sebagai CEO sekaligus Founder. Dengan ketekunannya , pasangan tersebut kini telah memproduksi lebih dari 200 aplikasi dengan jumlah pengguna mencapai 20 juta orang.

"‎Kami menyadari game edukasi memiliki market yang besar. Selain itu juga bermanfaat bagi masyarakat ," kata ia di kantor Educa Studio ,Salatiga (3/2/2016).

Dia bercerita , Educa Studio mulanya dibangun pada tahun 2012. Awalnya , mereka hanya bermodal perangkat komputer yang minim dan jaringan internet. Kemudian lahirlah beberapa game PC menyerupai Marbel (Mari Belajar dan Bermain). Tak disangka , produk tersebut diminati banyak orang.

Alhasil , ia pun mulai merambah ke urusan ekonomi yang lebih luas di jaringan mobile. Kebetulan , Google memiliki layanan AdMob yang menarik pendapatan dari iklan. "‎Ketika menggunakan AdMob masukan Android dapat revenue iklan yang muncul aplikasi games. Ternyata ada nilai di situ ," ujarnya.

Sejalan dengan itu , ia pun juga menambah dari sisi tenaga kerja dan permodalan. Andi mengatakan sempat menjaminkan akta rumah untuk menerima pertolongan sebanyak Rp 600 juta.

Dengan langkah itu semua , Educa Studio sekarang memiliki sebanyak 13 pekerja dengan pendapatan di atas US$ 5.000 per bulan. Dari 200 aplikasi yang telah dilahirkan antara lain Marbel , Riri (Cerita Anak Interaktif) , Kabi (Kisah Sahabat Nabi) , dan Kolak (Koleksi Lagu Anak).

"‎‎Tahun 2012 pakai uang eksklusif , terus 2013 investasi orang bau tanah dengan seritifikat rumah saya gadaikan untuk kantor di pertama , di rumah lantai dua. Utang bank. Tahun 2014 produktif. Tahun 2015 utang lunas berdiri kantor sendiri , yang pegang keuangan istri ," jelasnya.

Mengintip Kerja Educa Studio

Pria lulusan Universitas Katolik Satya Wacana (UKSW) ini mengaku , kendala utama dalam menjalankan usahanya adalah kesulitan dalam mencari Sumber Daya Manusia (SDM). Beruntung , ia mampu merayu orang-orang di sekitarnya yang kompeten dan spirit yang sama dalam menjalankan pekerjaan tersebut.

Dia juga mengatakan , dalam merekrut orang melatih siswa-siswa lulusan SMK untuk bekerja dengannya."‎Programer , kami caranya membuka kerja praktik SMK , saya sendiri programing , setelah lulus saya training ," jelasnya.

Pada praktiknya , ‎untuk membuat jadwal membutuhkan waktu sekitar 3 bulan hingga mampu dipublikasikan. Pertama , ia dan tim mesti melaksanakan riset untuk mencari kebutuhan pasar. Setelah itu membuat skema gambar dan diolah menjadi animasi. Lalu , berlanjut ke pemrograman dan audio. Baru terakhir masuk ke quality control yang dilakukan sendiri oleh istri Andi hingga produk benar-benar siap.

"‎Google Analitycs , kita mampu lihat datanya need-nya menyerupai apa , jikalau start up banyak research , banyak banyak banget. Pesan saya star up research terus ," jelasnya.

Pihaknya tak menampik , kini Educa Studio sedang menjajaki pasar yang lebih besar. Tahun ini , ia berencana merambah pasar global Amerika Serikat (AS) dengan aplikasi dalam bahasa Inggris.

‎"Kami ingin game yang kami miliki ekspor bahasa Inggris , kami ingin masuk brand gres lagu anak , terus kids game‎. Kami buat games ide jikalau bawah umur tertarik jikalau bikin yang aplikatif banget tidak tertarik , tapi tertarik jikalau permainan ," tandas dia. 



sumber : liputan6

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5000 Dollar per bulan dari Admob dan Aplikasi Game Edukasi"

Post a Comment