6 Troubleshoting pada Eclipse

Post Terbaru |
Ketika sahabat -teman sedang membuat suatu project di Eclipse entah itu reskin atau sekedar mencar ilmu untuk membuat project sendiri maka akan menemui beberapa kendala dan gua sedikit merangkumnya menjadi 6 Troubleshooting pada Eclipse .


1. Target SDK tidak tersedia 

ini sering terjadi jikalau anda reskin source code namun tidak membaca dengan teliti dimana ternyata ada perbedaan target SDK dengan SDK yang tersedia di Eclipse .



solusi untuk hal ini ialah dengan membuka file project properties dan menggantinya dengan SDK yang tersedia di eclipse 





2. Library yang tidak di temukan 

ya ini sering terjadi dengan project yang memiliki sebuah dependensi ,misalnya membutuhkan library GMC Jar .dan kemudian Jar tidak tersedia atau lupa di copy ke lib 


3. Perbedaan nama Package di folder scr dan manifest

Sering terjadi kalau kita merefactor nama paket. Sebagai teladan sebuah paket aslinya berjulukan geo.admob.belajar , lalu diganti menjadi com.admob.belajar , ketika di run akan muncul error , mengapa? karena nama paket di manifest belum diganti ke com.admob.belajar. Intinya , setiap mengganti nama paket di source code , ganti juga nama paket di manifestnya.

4. Activity Tidak ada di Manifest. 

Sering terjadi kalau kita mempunyai aplikasi yang punya banyak Activity. Program akan berjalan normal hingga Activity yang tidak terdata di manifest dipanggil , maka ketika itu juga aplikasi akan crash. Telitilah dan pastikan semua activity di source code sudah terdata di manifest.

5. File di resource rusak atau hilang.

File diresource dipanggil oleh file layout atau kadang eksklusif dipanggil oleh source code java. Kerusakan atau error yang terjadi di resource mampu menimbulkan seluruh file java error. Bagi programer pemula , mungkin ini akan membuat panik , tapi kalem saja , biasanya kesalahannya simple , source code java tidak error , hanya saja ia error karena ada resource yang error. Maka jikalau anda melihat seluruh proyek error , perbaiki dulu file xml di res. Biasanya , setelah semua file res sudah benar , semua error di file java hilang dengan sendirinya. Ingat , mulailah mencari error dari file di resource (layout , value folder).

6. Aplikasi tidak mau terkoneksi keserver /webservice /internet

Ini lebih sering disebabkan permisi belum di deklarasikan di manifest , biasanya karena kurang baris

 <uses-permission android:name="android.permission.INTERNET" />




sumber : candra.web.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Troubleshoting pada Eclipse"

Post a Comment